List Isi Seserahan Lamaran Yang Harus Kamu Siapkan

 


Pada acara pernikahan atau lamaran umumnya ada prosesi pemberian hantaran seserahan pernikahan. Istiadat yang sudah lama dilakukan semenjak dahulu ini menjadi prosesi semestinya dalam setiap acara pernikahan.

Apa saja isi seserahannya?

Untuk soal isi seserahan mungkin masih banyak yang keder sebetulnya apa saja sih isi seserahan pernikahan dan apa saja item- item yang perlu dipersiapkan.

Yaudah lantas aja Sputnik beri tau apa saja hakekatnya isi seserahan pernikahan yang lazimnya dibawa sebagai hantaran dari keluarga pria untuk sang wanita sebagai simbol bekal untuk kehidupan kelak sang wanita.

Perlengkapan Shalat / Ibadah

Sebagai bekal untuk sang wanita agar menjadi pendamping dan istri yang sholehah, maka sang pria umumnya senantiasa menyiapkan hantaran perlengkapan ibadah ini. Sebagai format dan simbol pengarahannya kelak terhadap sang istri. Untuk isinya dimulai dari Mukena, sajadah, dan Al – Quran / Kitab suci.

Kelengkapan Mandi

Biasanya untuk peralatan mandi ini dimulai dari sabun, shampo, handuk, shower puff, produk perawatan tubuh, dan bebauan.

Pakaian Dalam

Pakaian dalam juga menjadi isi seserahan pernikahan yang perlu disiapkan nih. Untuk isinya mulai dari satu set underwear, lingerie dan juga baju tidur. Namun untuk urusan membelinya lazimnya sang wanita sudah memilihkan barang – barangnya dan diserahkan kepada sang pria untuk dihias ke dalam kotak seserahan agar lebih indah.

Peralatan Makeup

Nah untuk kelengkapan yang satu ini umumnya sang wanita sungguh-sungguh concern nih, jadi biarkan para wanita yang memilihnya. Sebab selain itemnya lumayan banyak dan belum tentu pria paham, biasanya para wanita mempunyai brand khusus yang berbeda – beda untuk tiap produk kosmetika yang dipakai. Jadi para pria sebaiknya kalian duduk manis saja untuk menyiapkan items yang satu ini.

Perhiasan

Seserahan pernikahan berupa Perhiasan ini memiliki makna bersinar dan penuh keinginan. Akan tapi untuk perhiasan menjadi seserahan yang bisa disepakati bersama cocok dengan budget kalian . Jika sang wanita menginginkan, dan pihak pria dapat menyanggupi karenanya hantaran perhiasan dapat menjadi isi seserahan pernikahan yang akan dikasih.

Kelengkapan Pesta

Perlengkapan pesta ini berjenis-jenis – ragam isinya. Mulai dari kebaya da kain, heels, tas, dress, hingga jam tanggan.

Makanan & Buah-buahan

Sebagai bentuk hantaran ngga komplit rasanya tanpa ada makanan dan buah – buahan. Untuk sebagian tradisi kebiasaan seumpama betawi mesti menyiapkan roti buaya dan juga ada beberapa tradisi yang membawa makanan manis supaya garapan kehidupan calon pengantin kelak selalu manis.

Berapa kotak seserahan pernikahan yang perlu disiapkan?

Untuk jumlah kotak seserahan hakekatnya ngga ada ketentuan mesti. Semuanya dapat disesuaikan oleh kesepakatan bersama. Akan tapi ada beberapa tradisi seperti Jawa yang umumnya memberikan kotak seserahan berjumlah ganjil (5, 7, 9, 11 )

Isi seserahan pernikahan ini sebenarnya ngga ada item wajib banget yang patut sama. Balik lagi seluruh isi seserahan pernikahan di dalamnya disesuaikan dengan budget kalian juga. Seserahan yang menjadi hantaran dari pihak pria ini lazimnya berisi barang-barang keperluan sang calon pengantin wanita, yang nantinya akan dipakai oleh sang wanita. Jadi dapat dibilang isi barang- barang seserahan pernikahan ini simbol bekal dikehidupan bagi sang wanita kelak.

Oh iya, seserahan pernikahan bukan hanya untuk wanita loh, tapi ada juga isi seserahan pernikahan pria yang lazimnya menjadi prosesi simbolik tukar seserahan antar keluarga.

Untuk isi seserahan pria biasanya lebih sederhana dan tidak sebanyak isi seserahan wanita. Isi seserahan pria mulai dari parfum, dompet, pakaian kerja / formal, jan tangan, sampai sepatu. Tergantung sang wanita mau memberikan apa saja sebab sebetulnya isi seserahan untuk pria tidak sepatutnya.


Baca Artikel Terkait Tentang Daftar Barang Seserahan Pernikahan

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15

Comments on “List Isi Seserahan Lamaran Yang Harus Kamu Siapkan”

Leave a Reply

Gravatar